10 tips dalam memilih sepatu gunung

10 tips dalam memilih sepatu gunung

Tips memilih sepatu gunung ~ Sepatu gunung merupakan kebutuhan pokok bagi seorang pendaki, saya menyebutnya sebagai kebutuhan pokok karena sepatu gunung mempunyai fungsi yang sangat vital dalam kegiatan pendakian. Sepatu gunung mempunyai fungsi melindungi kaki kita supaya tetap nyaman serta mencegah cidera pada kaki ketika melintasi track yang curam. Karena fungsinya yang sangat penting, saya memasukkannya ke dalam 25 barang yang harus dibawa ketika mendaki gunung

Selain sepatu, penggunaan sandal gunung untuk dikenakan selama melakukan perjalanan memang sering dilakukan oleh sebagian besar pendaki, namun tentu saja dari segi keamanan, sepatu mempunyai nilai lebih dalam memproteksi kaki kita dibandingkan jika kita mengenakan sandal gunung. Dengan memilih sepatu gunung yang tepat diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan perlindungan yang terbaik terhadap kaki kita serta dapat mencegah terjadinya cidera. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam memilih sepatu gunung. Ruang pendaki merangkumnya menjadi 10 tips penting yang harus kita perhatikan dalam memilih sepatu gunung


Pilihlah sepatu sesuai dengan medan yang akan dihadapi

Ketika hendak memutuskan membeli sepatu gunung, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu, jarak tempat tujuan serta karakteristik medan yang akan dilalui. Pertimbangkan pula berapa lama anda akan mendaki, berapa banyak beban yang anda bawa serta bagaimana kondisi track yang akan anda lewati apakah medan tersebut cukup terjal atau landai.


Perhatikan bahan 

10 tips dalam memilih sepatu gunung

Saat ini banyak dijual sepatu-sepatu hiking yang dapat kita temui di berbagai toko sepatu ataupun toko perlengkapan outdoor, namun tidak semua sepatu tersebut mempunyai bahan yang sama. Banyak sepatu menawarkan kenyamanan selama dipakai sepanjang perjalanan dengan berbagai bahan. Bila anda akan melalui daerah dengan karasteristik lembab serta mempunyai curah hujan yang tinggi pilihlah sepatu yang mempunyai membran tahan air serta terbuat dari bahan sintetis dan mempunyai kemampuan drainase yang baik. 

Bahan sintetis mempunyai ketahanan yang baik bilamana terkena air. Tentu hal ini akan sangat membantu anda ketika melintasi daerah yang cukup basah seperti melintasi daerah dengan genangan air, sungai kecil, daerah rawa ataupun daerah yang berlumpur. Namun yang perlu menjadi catatan, bahwa pada umumnya sepatu yang tahan air akan terasa lebih mudah panas di kaki dibandingkan dengan sepatu biasa.

Bila anda akan melewati daerah dengan karakteristik jalanan yang kering dan bercuaca panas, sebagai contoh gunung merapi dengan lautan pasirnya, pilihlah sepatu tanpa membrane anti air untuk mendapatkan kenyamanan lebih karena sepatu tanpa membrane umumnya menyediakan ventilasi yang cukup, sehingga kaki akan nyaman dan tidak terasa panas bila sepatu dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Pilihlah sepatu dengan ukuran lebih longgar

Kenyamanan pemakaian sebuah sepatu salah satunya ditentukan dengan seberapa baik sepatu tersebut menyesuaikan dengan anatomi kaki anda, terutama sepatu bagian dalam yang bersentuhan dengan kaki. Khusus untuk sepatu gunung, hendaknya kita memilih sepatu yang lebih longgar ketika dipakai, mengapa demikian ? dalam kondisi jalan yang menurun, bagian ujung kaki akan banyak memperoleh penekanan, karena beban banyak bertumpu pada kaki kita, sehingga dengan memakai sepatu yang longgar maka akan memperkecil penekanan yang ada dan mencegah cidera pada ujung kaki.


Cobalah dan bandingkan beberapa sepatu terlebih dahulu

10 tips dalam memilih sepatu gunung

Jika memungkinkan tidak ada salahnya anda mencoba dan membandingkan beberapa sepatu untuk mendapatkan  sepatu yang paling nyaman dipakai serta mendapatkan kualitas serta harga terbaik. Jangan sungkan untuk bertanya kepada penjual sepatu tentang kelebihan dan kekurangan sepatu yang anda coba.

Pilihlah sepatu dengan bantalan yang tinggi


Bantalan atau sol sepatu yang tinggi akan membantu menguatkan pijakan kita di atas medan terutama medan yang  berbatu. Selain itu dengan sol yang tinggi akan mengurangi getaran ketika kita melintasi medan yang keras dan membuat kita tidak mudah capek. Selain memilih sol yang tinggi, perhatikan pula jenis sol yang digunakan, apakah sol tersebut terbuat dari bahan yang mudah pecah atau tidak, mengingat beberapa kasus sepatu gunung pecah pada bagian sol ketika digunakan, karena sol sepatu tersebut terbuat dari bahan dengan kualitas kurang bagus. Perhatikan pula sepatu tersebut memiliki jahitan pada bantalan sepatu atau tidak. Umumnya sepatu yang mempunyai jahitan pada bagian bawah bantalan cenderung lebih awet dibandingkan dengan sepatu tanpa jahitan.


Pilihlah sepatu yang ringan namun kuat


Sepatu ringan namun kuat bukanlah tidak mungkin. Saat ini sudah banyak sepatu dari bahan sintetis yang memiliki bobot yang ringan dan memiliki kekuatan yang tidak diragukan. Sepatu yang ringan akan memudahkan pergerakan kita melintasi track pegunungan yang sulit. Sepatu yang ringan juga sangat membantu kita karena beban dapat diminimalisir sehingga sesuai dengan prinsip ultralight hiking.



Pilihlah sepatu dengan sirkulasi udara yang baik


Sepatu dengan sirkulasi yang baik akan bermanfaat memberikan kenyamanan terhadap kaki. Kaki tidak akan terasa cepat panas meskipun cuaca kering. Selain itu sepatu dengan sirkulasi yang baik dapat mencegah terjadinya bau pada kaki. Hal ini juga harus didukung oleh pengguna sepatu tersebut. Ada baikknya anda menggunakan kaos kaki yang terbuat dari bahan wool. Mengapa demikian? Karena kaos kaki dengan bahan yang terbuat dari wool akan membantu mengeluarkan udara ketika digunakan untuk melangkah, sehingga pada bagian dalam sepatu akan terjadi perubahan udara secara teratur sepanjang digunakan untuk perjalanan.


Pilihlah sepatu yang memiliki bagian tepi leher panjang dan lunak


Sepatu gunung yang baik mempunyai bagian tepi leher yang panjang dan terbuat dari bahan lunak dan tebal. Diharapkan dengan bagian yang mempunyai tekstur lunak, tumit tidak akan mudah sakit akibat gesekan ataupun benturan dari batu, ranting pohon ataupun dari benda lainnya yang beresiko menciderai kaki kita. 


Jangan terpaku pada Brand dan harga

Hal ini mungkin sering terjadi, brand-brand besar dan berasal dari luar negeri pada umumnya memberikan kualitas yang baik namun tidak selalu menjadi jaminan. Adakalanya sepatu merk lokal justru memberikan kenyamanan yang lebih dan lebih awet digunakan. Pada saat ini banyak pula produk-produk buatan lokal yang mempunyai kualitas baik dan bisa bersaing dengan brand dari luar negeri. 


Jangan lupa untuk bertanya pada orang yang berpengalaman

Pengalaman merupakan guru terbaik. Anda bisa bertanya pada rekan anda yang sudah berpengalaman mungkin bisa memberikan gambaran sepatu seperti apa yang direkomendasikan untuk dibeli. Bila tidak mempunyai rekan yang berpengalaman saat ini benyak forum-forum jejaring sosial yang bisa menjadi sumber untuk saling bertukar informasi. 

Itulah 10 tips memilih sepatu gunung, semoga artikel ini bermanfaat....

salam..

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "10 tips dalam memilih sepatu gunung"

  1. Kebanyakan sepatu gunung yang bagus mehong semua, adakah sepatu gunung yang murah kualitas ok?

    ReplyDelete