10 Tips memilih jaket gunung bagi kamu yang suka mendaki gunung

Bagi seorang traveler atau penggiat kegiatan outdoor seperti pendaki gunung, jaket gunung atau jaket outdoor adalah salah satu dari 25 barang yang wajib dibawa saat mendaki gunung. Jaket selain berfungsi melindungi diri dari cuaca yang dingin serta hembusan angin, jaket gunung juga dapat berfungsi melindungi diri kita dari bahaya hipotermia. Jaket gunung mempunyai perbedaan dengan jaket-jaket yang dijual di pasaran untuk kebutuhan fasion. Saat ini banyak dijumpai jaket-jaket gunung yang dijual di pasaran, namun tidak banyak pula yang mengatahui tentang bagaimana tips memilih jaket gunung yang tepat sesuai dengan kebutuhan, kenyamanan, fasion. Pertimbangan lainnya dalam membeli jaket gunung adalah kita harus panda-pandai menyesuaikan dengan kualitas serta harga yang ditawarkan. Ruang pendaki akan memberikan beberapa tips memilih jaket gunung bagi kamu yang suka akan kegiatan mendaki gunung atau kegiatan outdoor lainnya.  


10 Tips memilih jaket gunung



Material  yang kuat memberikan perlindungan yang lebih 

material yang kuat

Hal paling mendasar yang membedakan antara jaket gunung dengan jaket untuk kebutuhan fasion adalah material atau bahan yang digunakan. Pada jaket gunung, sebaiknya dilengkapi dengan material yang memiliki kemampuan tahan terhadap air serta tahan akan hembusan angin. Oleh karena itu beberapa produsen jaket gunung menyematkan lapisan polar di dalamnya. Teknologi terbaru saat ini, jaket gunung dilapisi dengan GORE-TEX.  Apa itu GORE-TEX ? GORE-TEX merupakan bahan pakaian atau kain yang kuat, tahan air serta tahan angin serta awet jika digunakan. GORE-TEX sendiri terbuat dari pengembangan polytetrafluoroethylene (atau disingkat ePTFE), yang diciptakan oleh Bob Gore pada tahun 1969. Saat ini pemakaian GORE-TEX sudah sangat luas terutama pada pakaian-pakaian outdoor dan pakaian untuk kebutuhan militer. Bahan ini memiliki banyak keunggulan namun juga mempunyai beberapa kekurangan. Kekurangannya adalah, karena GORE-TEX terbuat dari bahan sintetis, pemakaian pakaian dengan bahan ini  pada siang hari akan sangat terasa panas bila digunakan. 

Untuk mengantisipasi hal tersebut, beberapa produsen mendesain jaket dengan menyematkan lapisan kain berpori-pori pada bagian dalam dari jaket gunung tersebut. Kain dengan pori-pori besar atau banyak pori-pori ( jaring jaring ) mempunyai ventilasi lebih baik dibandingkan dengan kain yang mempunyai lubang-lubang kecil atau sedikit lubang. Namun hal ini juga akan berpengaruh pada ketahanan  jaket tersebut terhadap udara dingin atau angin. Alternatifnya anda membawa 2 jaket saat pendakian, satu berbahan polar dan satunya berbahan yang mempunyai kemampuan kedap akan air dan udara dingin.

Sesuaikan jaket dengan ukuran tubuh anda

 Sesuaikan jaket dengan ukuran tubuh anda

Khusus untuk memilih jaket, saya sarankan untuk memilih jaket gunung dengan ukuran sedikit lebih longgar agar dapat digunakan rangkap dengan pakaian yang lain. Pada saat perjalanan tidak mungkin kita hanya menggunakan jaket tanpa rangkap dengan baju pada bagian dalam, karena dengan memakai baju rangkap akan memberikan kehangatan yang lebih. Selain itu dengan memilih jaket yang lebih longgar akan memudahkan pergerakan kita. Penggunaan jaket yang pas atau lebih kecil dengan ukuran tubuh kita selain menghambat pergerakan juga mengakibatkan resiko jaket tersebut rusak karena bagian-bagian tertentu akan mudah tertarik dan robek terutama pada bagian ketiak dan pada bagian bahu yang bersentuhan dengan carrier anda.  

 

Desain yang disesuaikan dengan kondisi cuaca 

Desain yang disesuaikan dengan kondisi cuaca
jaket dengan dilengkapi penutup kepala

Desain dalam hal ini dimaksudkan, jaket gunung haruslah dapat menutup bagian-bagian tubuh tertentu untuk dapat memberikan perlindungan, baik itu dari cuaca panas, hujan maupun cuaca dingin Beberapa yang harus dijadikan pertimbangan dalam memilih desain dari jaket gunung, diantaranya :

    
Pilihlah jaket gunung dengan kerah yang tinggi untuk melindungi bagian leher anda dari angin yang kencang.


Memiliki penutup kepala yang multifungsi. Penutup kepala sangat diperlukan baik itu dalam kondisi dingin maupun kondisi cuaca panas. Beberapa model jaket gunung memiliki bagian penutup kepala yang dapat dilipat menjadi kerah. Hal ini tentu sangat membantu kita karena praktis dan mudah digunakan. Selain itu memilih jaket dengan bagian penutup kepala yang dapat dikecilkan atau dapat dikencangkan akan berguna bagi kita ketika tidur untuk menutup bagian telinga kita sehingga udara dingin tidak mengganggu tidur kita.

Ketersediaan saku 

saku

Saku pada jaket gunung membantu kita menyimpan barang atau makanan kecil serta barang yang membutuhkan waktu cepat untuk mengambilnya. Sebagai contoh saku sebagai tempat penyimpanan permen, coklat serta makanan kecil lainnya yang mengandung kalori. Saya pribadi sering menggunakan saku sebagai tempat untuk menyimpan masker atau buff. Ketersediaan saku memang sangat membantu, namun disisi lain adanya saku juga menimbulkan beberapa kelemahan. Khusus pada jaket yang mempunyai saku banyak akan mudah terjadi kerusakan karena pada umumnya jahitan pada saku tersebut mudah sobek pada bagian pangkal serta mudah terjadi kebocoran terhadap air dan udara. Nah bila anda memilih jaket sebaiknya memilih jaket yang mempunyai saku sedikit. Saya lebih menganjurkan anda membeli jaket yang memiliki 3 saku karena lebih praktis dan sesuai dengan kebutuhan. 3 saku tersebut terletak pada samping kanan dan kiri serta satu saku terletak pada bagian dalam jaket.


Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, pilihlah jaket dengan bagian saku yang dilengkapi dengan resleting untuk menutup saku tersebut, karena dengan adanya resleting akan lebih aman jika kita menyimpan barang di dalamnya serta meminimalisir kemungkinan benda-benda lain masuk ke dalam saku anda ketika anda berpetualang di alam bebas. 


Jahitan haruslah kuat

jahitan yang kuat sehingga jaket tidak mudah sobek

Jaket produk lokal saat ini memang banyak tersedia dengan berbagai merk. Bahan atau material yang digunakannya pun juga sudah terbilang cukup bagus. Namun saya mempunyai pengalaman yang tidak begitu menyenangkan menggunakan produksi lokal, yakni jaket tersebut mempunyai kelemahan pada jahitan yang kurang kuat. Jahitan yang kurang kuat membuatnya mudah rusak pada beberapa bagian, terutama pada bagian ketiak. Alhasil belum ada 1,5 tahun memakainya saya harus menjahit ulang bagian-bagian yang rusak tersebut. Dengan menjahit ulang tentunya akan merusak bahan yang mempunyai lapisan tahan air dan angin. Namun anda tidak perlu kawatir, saat ini produk-produk lokal buatan dalam negeri juga banyak menyediakan produk-produk berkualitas. Dengan pengalaman dari saya tadi semoga dapat menjadi pertimbangan anda untuk meimilih jaket gunung dengan jahitan yang lebih kuat.     


Resleting dengan kualitas terbaik 

resleting

Tidak lengkap rasanya jika tidak menyertakan bagian yang satu ini sebagai bagian yang harus dipertimbangkan ketika anda memilih jaket gunung. Peran resleting memang sangat penting untuk membuka dan menutup jaket anda. Oleh karena intensitas pemakaian yang tinggi, maka bagian resleting ini haruslah kuat agar jaket tidak mudah rusak. Produsen resleting dari Jepang Yoshida Kogyo Kabushikikaisha (YKK) merupakan produsen resleting dengan kualitas terbaik serta sangat recommended. Selain itu perhatikanlah pula desain dari resleting jaket yang akan anda beli. Pada umumnya ada 2 model resleting, yang pertama adalah model resleting biasa tanpa penutup dan yang kedua adalah model resleting dengan dilengkapi penutup pada bagian depannya. Masing-masing model mempunyai kelelemahan dan kelebihan. Model yang pertama tanpa disertai tutup atau pelindung, selain mudah dalam perawatannya juga memiliki kelebihan, dimana aliran udara akan mudah masuk ke dalam jaket sehingga jaket akan lebih sejuk bila digunakan pada siang hari namun akan terasa dingin pada malam hari.

Model yang kedua yakni resleting dengan dilengkapi dengan penutip pada bagian depan. Model ini akan memberikan kehangatan yang lebih, karena lubang-lubang resleting tertutup sehingga menutup kemungkinan udara akan masuk melalui celah-celah tersebut. Namun model yang kedua ini juga mempunyai beberapa kelemahan, diantaranya adalah lebih susah dalam perawatan terutama membersihkannya, selain itu jaket akan terasa lebih panas jika dipakai pada waktu siang hari karena celah resleting sebagai sirkulasi tertutup dengan adanya lapisan penutup.


Warna 

pilihlah warna yang sesaui dengan kebutuhan dan gayamu

Masalah warna lebih kepada selera pribadi masing-masing. Beberapa pendaki memilih warna yang gelap seperti warna hitam selain terlihat lebih kalem juga tidak mudah terlihat kotor dibandingkan dengan warna yang lainnya. Warna hitam juga mempunyai keunggulan lainnya, yakni lebih hangat digunakan terutama jika digunakan pada kondisi yang sangat dingin Karena sifat dari warna hitam itu sendiri adalah menyerap panas. Namun perlu diperhatikan bahwa warna hitam lebih sulit dikenali bila anda berada pada daerah gelap. Saya pribadi lebih memilih menggunakan jaket dengan warna yang terang. Selain mudah dikenali warna terang juga memberikan kesan fresh pada pemakainya. Disisi lain menggunakan jaket dengan warna terang juga tidak sepanas jika menggunakan jaket dengan warna gelap terutama pada siang hari dengan udara yang panas.


Ketersediaan tali pengencang pinggang (adjustable hem draw-cord)

Dengan adanya tali pengencang pinggang selain memberikan kenyamanan dengan menyesuaikan dengan ukuran pinggang anda, juga bermanfaat membuat jaket yang anda gunakan bisa diatur sesuai dengan kondisi medan serta cuaca yang sedang dihadapi. Misalkan ketika anda berada pada cuaca yang panas, sebaiknya anda mengendorkan tali pada bagian pinggang, hal ini bertujuan agar membantu memudahkan udara masuk dan membantu proses evaporasi dari keringat yang dihasilkan. Sebaliknya bila kondisi dingin, sebaiknya anda mengancangkan bagian pinggang agar udara dingin tidak mudah masuk melalui celah yang tersedia.


Perekat pergelangan tangan (velcro cuffs)

perekat pergelangan tangan
perekat pergelangan tangan
Jaket gunung sebaiknya dilengkapi dengan perekat pergelangan tangan atau velcro cuffs. Dengan adanya fitur ini memudahkan kita mengatur ukuran pergelangan dari jaket yang kita pakai. Dengan pergelangan yang bisa diatur akan memudahkan pergerakan kita melintasi medan yang sulit. Selain itu sama halnya dengan manfaat dari tali pinggang atau hem draw-cord, dengan adanya perekat pergelangan tangan akan meminimalisir udara dingin atau angin masuk melalui celah-celah antara jaket dengan tangan kita.

Jangan terpaku pada merk dari luar negeri

Merk-merk yang berasal dari luar negeri seperti : the north face, marmot, jack wolf skin memang sudah terbukti memberikan kualitas terbaik. Namun kita juga tidak harus terpaku dengan membeli barang-barang dengan merk tersebut. Saat ini kualitas barang produksi dari dalam negeri juga sudah dapat diperhitungkan. Barang produksi dalam negeri sudah terbukti mampu bersaing dengan pasar global dan dengan merk-merk terkenal lainnya tentunya dengan harga yang lebih bersahabat. Sebut saja Eiger, Cozmed, Consina dan masih ada beberapa merk produksi dalam negeri dengan kualitas terbaik.

Bertanyalah kepada yang berpengalaman 

Artikel di ruang pendaki yang sedang anda baca ini hanyalah sebagian tips saja. Ada baiknya anda mencari informasi sebanyak-banyaknya, terutama pada rekan ataupun kenalan anda yang sudah berpengalaman. Anda juga dapat mencari dan meminta pertimbangan pada komunitas media social penggiat kegiatan outdoor yang saat ini banyak kita temui. Dengan bertanya langsung kepada sumbernya maka anda akan lebih banyak mendapat masukan sebelum anda membeli sebuah jaket gunung untuk anda pakai berpetualang.
 
Perlu kita ketahui bersama, sebagus apapun barang yang kita beli, tanpa disertai dengan perawatan yang tepat tentu barang tersebut akan mudah mengalami kerusakan. Oleh karenanya perawatan yang tepat sangatlah diperlukan. Simpanlah jaket anda dalam kondisi dan ditempat yang kering. Jangan menindih jaket anda dengan barang yang lain dan jika diperlukan anda bisa memberikan kamfer untuk menghindari terjadinya jamur. Diharapkan dengan perawatan yang baik dan tepat jaket anda dapat awet sehingga dapat digunakan untuk tetap berpetualang di alam bebas. 

Semoga 10 tips memilih jaket gunung ini bermanfaat bagi anda, jika anda mempunyai tips lain anda bisa menambahkan di bagian komentar. Tips dari anda tentu akan sangat berguna bagi rekan-rekan pembaca yang lainnya. Terimakasih…

salam

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "10 Tips memilih jaket gunung bagi kamu yang suka mendaki gunung"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Artikel nya sangat menarik dan sangat membantu sekali kak,.Oh iya gan,.. silahkan kunjungi artikel kami di www.saranggrosir.com ,tentunya untuk mendapatkan penawaran harga yang menarik. Siapa tau diantara temen-temen ada yang sedang butuh info seputar produk - produk Jaket Online dengan harga grosiran. Salam Sukses.

    ReplyDelete