17 film petualangan terbaik dan terpopuler yang wajib kamu tonton

Sebagai seorang penikmat alam, traveler, pecinta lingkungan serta pendaki gunung, selain menjelajah tempat-tempat yang indah di Indonesia tentunya kamu akan menyukai film-film yang bertemakan petualangan. Film-film yang bertemakan petualangan memang menjadi racun tersendiri bagi kita, bagaimana tidak, dengan adanya film tersebut kita menjadi tahu bahwa ada tempat-tempat yang luar biasa indahnya dan sangat menarik untuk kita kunjungi.

film petualangan terbaik dan terpopuler

Selain mengexpose tempat-tempat yang indah serta extreme, film tentang petualangan juga mempunyai pesan moral terhadap kita, tidak hanya untuk kelestarian lingkungan saja, namun juga tentang arti sebuah persahabatan, kerja keras dan cinta terhadap tanah air. Berikut ini film bertemakan petualangan yang wajib kamu tonton.

Seven years in Tibet 1997



Film petualangan pertama adalah seven years in Tibet yang diproduksi tahun 2008, film ini diangkat dari kisah nyata. Kisah perjalanan seorang yang bernama Henrich Harrer. Seorang pendaki yang memiliki obesesi menaklukkan Nanga Parbat. Dia ingin menjadi orang pertama yang bisa mencapai puncak tersebut hingga meninggalkan isterinya yang sedang hamil. Namun perjalanan menaklukkan gunung ini tidak sesuai dengan yang direncanakan. Cuaca buruk serta badai besar memaksa rombongannya untuk kembali turun gunung. Namun naas, diperjalanan turun dia tertangkap tentara setempat, karena pada waktu itu terjadi perang antara Negara Inggris dan Jerman. Henrich dibawa ke India untuk ditahan. Setelah beberapa kali mencoba melarikan diri, akhirnya dia bisa melarikan diri. Dalam pelariannya sampailah dia di Negara Tibet. Di Negara ini dia hidup dengan pertama kali menyamar sebagai warga sekitar agar dapat diterima oleh masyarakat.  Akhir dari cerita ini adalah pendakiannya bersama dengan anak yang sejak kecil ditinggalkannya mendaki pegunungan Himalaya. Film ini tidak hanya mengisahkan petualangan saja namun juga menunjukkan kebudayaan Tibet dengan tradisinya yang cukup unik serta menceritakan gejolak politik antara beberapa Negara disekitarnya yang dirangkum secara apik oleh sang sutradara .
 

Sanctum 2012


Mungkin kamu sudah pernah menyaksikan film petualangan ini. Film yang diproduksi tahun 2011 ini menceritakan expedisi penjelajahan gua Esa’ala, sebuah gua induk dari segala gua yang berada di Papua New Guine. Diceritakan expedisi penjelajahan gua sudah berlangsung beberapa minggu, bahkan Frank yang diperankan oleh  Ricard Roxburgh sebagai pemimpin expedisi sudah membangun basecamp di bawah goa tersebut. Ketegangan di film ini muncul setelah frank berhasil menemukan jalur air baru yang menuntunnya ke dalam sebuah ruangan atau rongga di dalam goa dengan ukuran yang sangat besar dan sangat indah, namun kecelakaan terjadi, dimana tabung udara yang dipakai Jude bocor dan mereka saling berebut oksigen untuk menyambung hidupnya. Diceritakan Jude meninggal di insiden itu. Insiden-insiden kemudian berubah menjadi melapetaka, dimana terjadi badai besar namun tim yang berada di dalam gua tidak mengetahui adanya bahaya karena system alarm mereka mati. Selanjutnya diceritakan perjuangan tim ini untuk selamat dari badai tersebut, namun naas, hanya ada satu orang saja yang selamat dari expedisi tersebut yakni Josh. Film ini sangat menarik untuk ditonton, selain setting tempat yang menarik, pesan moral yang disampaikannya pun cukup memotivasi kita. Sosok Frank dalam film ini menginspirasi kita, agar kita tidak mudah menyerah dalam berbagai kesulitan yang kita hadapi.

Cast away 2000


Film petualangan yang tidak kalah menarik untuk kita tonton adalah Cast Away. Film ini menceritakan tentang perjuangan pantang menyerah yang dilakukan oleh seorang karyawan dari jasa pengiriman FEDDEX. Tom Hank ( Chuck ) yang menjadi actor utama film ini dan berperan sebagai karyawan tersebut ditugaskan oleh direktur perusahaan untuk meninjau salah satu cabang perusahaan di kawasan Pasifik selatan. Dia menerima tugas itu dan pergi ke Pasifik selatan dengan menumpang sebuah pesawat bersama beberapa orang lainnya. Namun sayang, kecelakaan menimpa pesawat tersebut sehingga pesawat itu terjatuh. Para penumpang meninggal terkecuali satu orang yang selamat yakni Chuck. Dia terdampar di sebuah pulau yang tidak berpenghuni. Dengan keterbatasan dia mencoba bertahan hidup di pulau tersebut selama kurang lebih 4 tahun lamanya. Dan pada akhirnya dia membuat sebuah rakit dan mencoba melintasi lautan luas untuk dapat bertemu kembali dengan kekasih yang telah lama ditinggalkannya.

127 Hours


Film petualangan 127 hours diangkat dari kisah nyata. Film yang diproduksi pada tahun 2010 ini menceritakan petualangan seorang yang bernama Aron Ralston yang diperankan oleh James Francho. Film ini mempunyai setting tempat di Grand Canyon. Ralston melakukan petualangannya sendiri menyusuri daerah di grandcanyon, namun naas, kecelakaan terjadi padanya setelah berusaha melewati salah satu celah. Dia terjatuh dan salah tangannya terjepit oleh batu besar. Segala macam cara telah dia upayakan untuk mendapatkan bantuan. Karena tempat itu jauh dari peradaban maka tidak ada bantuan yang datang. Dengan berbagai cara dia berusaha untuk terlepas dari batu yang menjepit tangannya tersebut. Namun usaha itupun mengalami kegagalan, sedangkan persedian makanan serta minuman semakin lama semakin habis. Untuk dapat bertahan hidup dia harus meminum air kencingnya sendiri. Karena kondisinya semakin lama semakin melemah, akhirnya dia mencoba untuk melepaskan diri dengan cara mengamputasi lengannya dengan pisau tumpul yang dia bawa. Namun upaya untuk mengamputasi tanggannya tersebut bukan hal yang mudah. Karena dia kesulitan mematahkan tulangnya sendiri. Ralston berhasil mematahkan tulang lengannya dengan cara memberikan penekanan yang tepat pada tangannya sehingga dia dapat bebas. Perjuangan belum berakhir, dia harus berjalan dengan jarak yang cukup jauh untuk mendapatkan pertolongan. Barulah ia mendapat bantuan setelah bertemu dengan rombongan wisata yang kebetulan melintasi tempat tersebut.


The way


Film petualangan selanjutnya adalah The way, film yang diperankan Martin Sheen sebagai tokoh utama ini menceritakan perannya sebagai dokter berwarga kebangsaan Amerika dan melakukan perjalanan ke Perancis guna mengambil jasad anaknya yang meninggal akibat bencana badai yang menimpanya ketika sedanng berjalan menuju ke Katedral Santiago. Rencana itu sedikit berubah setelah dia menemukan 3 orang peziarah dengan latar belakang yang berbeda dan dengan tujuan yang berbeda pula dalam melakukan peziarahan. Akhirnya Tom pun ikut bergabung bersama mereka, menyusuri jalanan sampai di tempat yang bernama Camino. Di Camino mereka bertemu dengan peziarahan yang lain, secara tidak sengaja Tom Melihat Daniel anaknya yang sudah meninggal tersenyum diantara mereka. Film ini ini selain menceritakan petualangan juga memuat komedi yang cukup menghibur dan cocok dilihat bersama keluarga.


The Revenant 2015


Film ini diperankan oleh salah satu bintang terbaik Hollywod pemenang piala Oscar tahun 2016 yakni Leonardo Di Caprio. Akting yang sangat menawan serta setting tempat disertai skill bertahan hidup yang luar biasa menjadi daya tarik tersendiri untuk mengikuti cerita dari film ini sampai habis. Film yang diambil dari novel terkenal karya Michael Punke ini menceritakan perjalanan seorang pemburu bernama Hugh Glass. Dimana pada saat dia dan kelompoknya berburu, dia diserang oleh kelompok dari suku pribumi yang menginginkan kulit hewan dari hasil buruan mereka. Beberapa orang diantaranya mati sedangkan sisanya melarikan diri dengan membawa hasil dari buruan mereka. Di dalam perjalanannya dia diserang oleh beruang Grizzly dewasa dan dikhianati oleh rekan-rekannya yang membiarkan dirinya meninggal. Misi balas dendam pun menjadi alasannya kuat baginya untuk tetap bertahan hidup. Di dalam film ini kita dapat melihat skill bertahan hidup yang ditunjukkan oleh seorang Hugh Glass. Dimulai dengan mencari ikan, menghentikan perdarahan luka yang robek serta cara bertahan dari udara yang dingin dengan cara merobek perut seekor kuda lalu memasukkan tubuhnya ke dalam rongga perut kuda tersebut.


Wild 2014


Wild menjadi salah satu film nominasi terbaik pada tahun 2014 untuk kategori aktris terbaik dan aktris pendukung terbaik. Film yang dibintangi oleh Reese Witherspon ini menceritakan perjalanan seorang wanita yang berusaha kembali membangun kehidupannya yang telah hancur akibat beberapa hal, salah satunya karena kematian ibunya. Untuk menghibur dirinya bahkan dia sempat menggunakan obat-obatan terlarang. Karena tidak ingin berlarut-larut dengan kesedihan, maka dia memilih untuk pergi seorang diri dengan menempuh perjalanan sejauh 1100 mil jauhnya di daerah Pacific Cherst. Sebenarnya tokoh utama Cheryl tidak memiliki skill yang cukup untuk melakukan petualangan, namun semangatnya untuk bertahan hidup patut menjadi motivasi tersendiri bagi kita.

Vertikal Limit 2000


Film yang telah berulang kali diputar di salah satu setasiun televisi ini memang tetap menarik untuk kita tonton. Diceritakan seorang pendaki gunung yang bernama Royce garet, pendaki kawakan yang telah beberapakali menaklukkan gunung-gunung tinggi di dunia dan menjadikannya sebagai seorang pendaki yang cukup dihormati. Darah petualangannya pun diturunkan kepada kedua anaknya. Hingga kemudian Royce mengajak kedua anaknya tersebut untuk melakukan pendakian yang menyebabkan dia harus mengorbankan nyawanya untuk dapat menyelamatkan kedua anaknya tersebut. Kematian seorang ayah menyebabkan duka yang mendalam bagi kedua anaknya tersebut. Salah satu anak dari Royce yang bernama Peter Garret memilih untuk meninggalkan dunia pendakian dan memilih untuk menjadi photographer sedangkan salah satu anaknya yang perempuan, Annie garret memilih untuk tetap melakukan hobi yang dilakukan oleh ayahnya tersebut. Sampai suatu saat Annie mendapat tawaran untuk melakukan pendakian ke salah satu gunung dengan medan pendakian serta cuaca yang sulit. Pendakian di gunung inilah yang mengubah kehidupan tokoh ini selamanya.

Meru 2015


Film meru menceritakan sekawanan pendaki yang berjumlah 3 orang, mereka adalah Concord Anker, Jimmy Chin serta yang terakhir adalah Renan Oztruk. Hobi menjelajah alam serta mendaki gunung membuat mereka sering melakukan pendakian bersama. Hampir semua gunung yang mereka singgahi berhasil mereka taklukkan. Namun suatu ketika, mereka harus berdamai dengan keadaan, karena kondisi medan yang sulit dan cuaca yang tidak mendukung, mereka harus rela tidak dapat mencapai puncak gunung pada sebuah pendakian di tebing dengan ketinggian diatas 4000 kaki. Tebing itu bernama Shark Fin.
Namun kegagalan tersebut tidak membuat mereka patah semangat, keinginan untuk dapat menaklukkan gunung tersebut muncul kembali, keinginan melakukan pendakian di tempat yang sama tentunya dengan pengalaman masa lalu yang membuat mereka terampil dan mempersiapkan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya agar kegagalan tidak terulang kembali. 


The Himalayas 2016


Film petualangan selanjutnya adalah The Himalayas. Film pendakian yang diangkat dari kisah nyata ini bersetting di salah satu gunung tertinggi di dunia yakni Mount Everest. Adapun Hwang Jing-Mun seorang pendaki professional yang telah menaklukkan beberapa gunung, ingin mencari jasad juniornya yang tewas pada waktu melakukan pendakian di gunung everest. Perjalanan ke Everest merupakan perjalanan yang tidak mudah, meskipun bagi Hwang Jing Mun yang sudah mempunyai pengalaman yang lebih dalam dunia pendakian. Apakah Hwang Jing Mun berhasil menemukan jasad juniornya di salah satu gunung yang mendapati julukan “atap dunia” ini ? silahkan anda melihat sendiri filmnya.

Everest 2016


Masih dengan gunung tertinggi di dunia yakni gunung everest. Cerita dalam film Everest mengisahkan seorang pendaki professional yang bernama Rob Hall yang diperankan oleh Jason Clarke. Dia terpilih menjadi seorang pemimpin ekspedisi yang tergabung dalam kelompok adeventure consultant, dia memimpin beberapa pendaki yang rata-rata masih sebagai pendaki amatir, walaupun tidak semuanya. Film yang mengambil setting langsung di gunung Everest ini layak untuk ditonton. Kisah para pendaki yang berjuang mati-matian untuk mencapai puncak everest diatas ketinggian ribuan kaki di atas permukaan laut serta intrik yang terjadi diantara pendaki menjadi alur cerita yang cukup menarik untuk kita tonton bersama, belum lagi soal persaingan yang dilakukan oleh para pendaki untuk menaklukkan gunung tersebut serta berbagai macam kendala teknis yang dihadapi memberikan setidaknya sedikit gambaran kepada kita tentang jalur pendakian yang extreme di pegunungan Himalaya, Nepal. 

North face 2008


North Face  sendiri adalah salah  satu puncak di pegunungan Eiger. Dikisahkan terdapat 2 orang pendaki yang berasal dari Negara Jerman, mempunyai ambisi untuk dapat mendaki dinding utara dari gunung Eiger ini. Film yang mengambil setting pada waktu Jerman masih dikuasai Nazi ini menceritakan pendakian yang pada waktu itu masih menggunakan peralatan keselamatan yang sangat minim. Selain peralatan yang minim, teknik pendakian gunung pun tidak semaju jaman sekarang. Film ini wajib kamu tonton meskipun sudah lama rilisnya, namun tentu kamu masih bisa mencari film ini di penyewaan. Film yang mengajarkan kita tentang arti sebuah persahabatan ditunjukkan oleh Andi dan Toni yang setia bersusah payah membawa jasad rekan mereka. Meskipun tidak berhasil, namun  setidaknya mengingatkan kita yang seringkali mementingkan diri sendiri dengan bertindak egois hanya untuk sebuah obsesi belaka.


 5 cm 2012


Siapa yang tidak kenal dengan film yang satu ini. Film yang mengisahkan perjalanan 5 orang sahabat menapaki jengkal demi jengkal tanah di gunung Semeru untuk mencapa puncak tertinggi di pulau Jawa yakni puncak Mahameru. Film ini pulalah yang berpengaruh menggairahkan dunia pendakian yang ada di Indonesia, terutama di gunung Semeru. Sejak diputarnya film ini, jumlah pendakian di gunung Semeru meningkat. Banyak yang memberikan apresiasi terhadap film ini, namun banyak juga yang memberikan kritikan, terutama di kalangan pendaki karena gaya busana yang pemain kenakan tidak cocok digunakan untuk pendakian. Namun kita dapat mengambil sisi positif dari film ini, pesan moral tentang cinta terhadap tanah air ditunjukkan oleh seorang Igor yang diperankan oleh saykoji. Berkat gunung Semerulah dia merubah pandangan terhadap tanah air Indonesia.

Life of Pi


Negara India memang mempunyai film dengan cinematografi yang cukup baik. Setidaknya itulah yang ditunjukkan dalam film pie ini. Diceritakan seorang pemuda yang terdampar di samudera pasifik dan hanya bertahan dengan sebuah sekoci beserta seekor harimau Bengali. Lantas bagaimana pemuda ini dapat bertahan hidup di tengah samudera dan dari ganasnya harimau yang bersamanya? 

33



Film ini menceritakan sebuah tragedy yang terjadi di area penambangan di daerah Chile. Sebanyak 33 orang terjebak di dalam tambang dan memaksa mereka bertahan hidup selama berbulan-bulan dengan logistic yang semakin menipis. Namun berkat kerja keras tim evakuasi, para penambang tersebut akhirnya berhasil di selamatkan. Film yang diambil dari kisah nyata ini memang sangat menarik untuk kita tonton, pesan moral tentang kemanusiaan yang disampaikan oleh film ini sangat menginspirasi bagi kita.

Sagarmatha 2013


Film yang diproduksi tahun 2013 ini menceritakan 2 sahabat dalam perjalanannya menapaki puncak dunia. Diceritakan 2 sahabat shila yang diperankan oleh Nadine Chandrawinata bersama dengan kirana yang diperankan oleh randany puspandya melakukan perjalanan ke puncak tertinggi di pegunungan Himalaya. Kedua sahabat yang mempunyai bakat yang berbeda ini mendokumentasikan perjalanannya dengan 2 media yakni fotografi dan tulisan. Namun di tengah perjalanan rencana untuk dapat berdiri di puncak tertinggi tidak semulus yang dibayangan, tantangan yang dihadapi serta perjalanan yang panjang dari seorang Nadine sangat bagus untuk kita nikmati bersama.


The motorcycle diaries


Film petualangan terakhir adalah film The motorcycle diaries yang diproduksi tahun 2004 ini menceritakan dua sosok anak muda dan sebuah perjalanan menelusuri Amerika Selatan yang akhirnya mengubah pandangan mereka  terhadap kemanusiaan dan situasi ekonomi dunia yang dianggap tidak adil. Salah satu dari mereka adalah Ernesto Guevara. Anak muda itu kemudian dikenal luas sebagai Che, sosok revolusioner ikonik yang berperan besar dalam Revolusi Kuba dan sampai sekarang potret wajahnya yang terkenal itu masih sering ditemui di tembok-tembok maupun pakaian yang dipakai masyarakat sehari-hari. Film ini sangat  menarik untuk kita tonton. Selain mendapat hiburan tentang film yang bertema petualangan, kita dapat setidaknya mengetahui lebih jauh sosok Che Guevara. 

Nah itu tadi beberapa film petualangan terbaik dan terpopuler yang berhasil saya rangkum. Sebenarnya masih ada banyak film-fim petualangan yang wajib kamu tonton. Saya akan membagikannya di lain waktu. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "17 film petualangan terbaik dan terpopuler yang wajib kamu tonton"

Post a Comment