16 daftar gunung di Jawa Barat untuk pendakian lengkap dengan jalur dan ketinggiannya

Daftar gunung di Jawa Barat untuk pendakian. Jawa Barat merupakan salah satu propinsi di Indonesia yang memiliki beberapa gunung dengan berbagai macam keunikan serta panorama yang indah. Sama seperti gunung di Jawa Tengah maupun gunung di Jawa Timur, di propinsi ini terdapat beberapa gunung baik itu gunung yang berstatus aktif maupun gunung dengan status istirahat yang dapat dijadikan tempat bagi para pendaki untuk menyalurkan hobinya menjelajahi alam di atas ketingggian.

Gunung-gunung di Jawa Barat menawarkan pemandangan yang sangat bervariasi. Kita dapat menemukan gunung dengan hutan belantara maupun gunung yang memiliki sedikit vegetasi di bagian lerengnya. Di artikel ini saya akan mencoba memberikan sedikit gambaran mengenai gunung di Jawa Barat yang dapat dijadikan tempat tujuan pendakianmu. Beberapa gunung memiliki medan yang tidak terlalu berat dan waktu tempuh yang singkat sehingga cocok bagi kamu pendaki pemula yang baru saja menekuni hobi mendaki gunung. Saya mencoba membuat daftar gunung yang ada di Jawa Barat berdasarkan ketinggian puncak gunung tersebut diukur diatas permukaan air laut. Berikut ini daftar gunung di Jawa Barat untuk pendakian yang berhasil ruang pendaki rangkum :

1. Ingin melihat indahnya waduk Jatiluhur dari ketinggian? Gunung Lembu tempatnya ( 792 mdpl )

gunung di Jawa Barat untuk pendakian
sumber : amazing west java
Kamu ingin melihat indahnya waduk Jatiluhur dari ketinggian?, maka inilah tempatnya….Gunung Lembu terletak di desa Panyindangan, kecamatan Sukatani, kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Gunung Lembu memiliki ketinggian 792 mdpl dan menjadikan gunung ini cocok untuk pendaki pemula karena track untuk menuju ke puncak gunung ini tergolong mudah dan tidak terlalu ekstreme. Selain track yang mudah alasan gunung ini cocok untuk pendaki pemula adalah pemandangan yang ditawarkan di puncak gunung Lembu sangat indah dengan pemandangan waduk Jatiluhur yang membentang lengkap dengan aktifitas penduduk di sekitarnya. Pemandangan akan jauh lebih indah jika kita melakukan pendakian pada malam hari dimana kamu dapat melihat indahnya waduk Jatiluhur dengan kelap-kelip lampu terlihat dari kejauhan.

Untuk dapat mencapai puncak gunung lembu kita harus melewati jalur pendakian dengan yang medan yang tidak terlalu berat. Medan yang dilalui mempunyai vegetasi yang cukup rapat dengan pemandangan sekelilingnya yang asri karena masih banyak pohon-pohon besar di sepanjang jalur pendakiannya. Bila beruntung kita akan dapat melihat kumpulan monyet yang bergelantungan dari  satu dahan ke dahan berikutnya. Memang di kawasan ini dijadikan tempat tinggal banyak monyet-monyet liar dan terkadang monyet disini akan menghampiri kita untuk meminta perbekalan yang kita bawa.   

Gunung Lembu memiliki 3 puncak. Layaknya gunung Andong di Magelang Jawa Tengah perjalanan dari puncak satu ke puncak lainnya dapat ditempuh dalam waktu yang relatif singkat. Puncak pertama dan puncak kedua adalah tempat yang seringkali dijadikan camping ground oleh para pendaki. Kedua puncak memiliki tempat yang cukup lapang bagi para pendaki yang ingin beristirahat. Puncak yang terakhir adalah spot terbaik bagi kita untuk dapat melihat sunrise dan melihat indahnya waduk Jatiluhur dari atas ketinggian.

2. Kecil-kecil tapi cabe rawit Gunung Batu Joggol siap menguras tenagamu dengan track yang terjal ( 875 mdpl )

Nama gunung ini terbilang unik dibandingkan nama-nama gunung lain di propinsi Jawa Barat. Gunung yang memiliki ketinggian 875 ini terletak di desa Sukaharja, kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Jonggol merupakan daerah tersendiri dan berbeda dengan Sukamakmur. Namun masyarakat sekitar lebih mengenalnya sebagai gunung Batu Jonggol, hal itu dikarenakan Sukamakmur dahulu masuk dalam satu kecamatan yang sama, yakni kecamatan Joggol.

gunung di Jawa Barat untuk pendakian
sumber adventurideas
“ Jangan menilai mudah tidaknya pendakian suatu gunung dengan melihat ketinggian gunung tersebut”, hal itu mungkin benarnya adanya. Gunung Joggol memang memiliki ketinggian kurang dari 1000 meter, namun untuk dapat mencapai puncaknya butuh kondisi fisik yang kuat serta keterampilan extra. Hal itu dikarenakan medan yang dilalui sangat menanjak dan sempit sehingga membutuhkan keseimbangan. 

Dilihat dari kejauhan gunung Batu Joggol layaknya bukit kecil yang menjulang dengan track yang ekstreme. Meskipun puncak gunung ini tidak begitu jauh dari titik awal pendakian, namun kita harus menempuh medan yang sangat menanjak. Track dengan kemiringan lebih dari 45 derajat ditambah lagi dengan dengan adanya bebatuan yang besar akan menjadi tantangan tersendiri yang harus dilalui oleh para pendaki. Jalur akan lebih ekstreme lagi setelah kita melewati camping ground mendekati puncak karena di bagian ini kita berhadapan dengan medan bebatuan sehingga akan sangat beresiko terkena reruntuhan batu apabila pendaki di depan kita salah dalam mengambil langkah. Namun jangan kawatir karena di area ini terdapat beberapa tali yang dapat kita pakai berpegangan. Untuk dapat sampai ke puncak gunung Joggol maka setidaknya kita memerlukan waktu mendaki sekitar 2 jam lamanya. Kita tidak perlu membawa tas carriel dengan ukuran besar karena menggunakan daypack saja sudah cukup untuk sekedar membawa logistic dan peralatan lainnya.

3. Nikmati pendakian gunung di Jawa Barat dengan mendaki gunung Bongkok yang ramah untuk pemula (923 mdpl )

Gunung di Jawa Barat untuk pendakian selanjutnya adalah gunung Bongkok. Gunung Bongkok memiliki ketinggian  1.141 meter diatas permukaan air laut dan merupakan gunung yang cukup ramah terutama untuk pendaki pemula. Gunung ini memiliki beberapa puncak, tercatat terdapat 5 puncak diantaranya adalah : Puncak Harendong (923 Mdpl ), puncak Cibeureum (955 Mdpl ), puncak Seel (1.007 Mdpl), Puncak Cikamunding (1.074 Mdpl), dan yang terakhir adalah puncak tertinggi yakni puncak Aseupan (1.086 Mdpl).

gunung di Jawa Barat untuk pendakian
sumber : instagram khaerul bagus

Secara administratif gunung Bongkok terletak di kabupaten Tasikmalaya dan kabupaten Ciamis. Bila anda pernah mengunjungi atau melakukan pendakian Gunung Api Purba yang berada di kabupaten Gunungkidul Yogyakarta, sekilas pemandangan di kedua gunung ini hampir sama. Dengan track yang cukup terjal namun dikelola dengan baik maka para pengunjung atau pendaki dapat sangat terbantu dengan sarana yang disediakan oleh pihak pengelola. Di beberapa titik disediakan tali untuk berpegangan dan terdapat beberapa pengaman yang setidaknya dapat mencegah pengunjung terjatuh di sisi jalur pendakian.

Untuk dapat mencapai puncak gunung Bongkok pendaki memerlukan perjalanan sekitar 1,5 sampai 2 jam tergantung dari kecepatan kaki kita melangkah. Di puncak gununng Bongkok kita dapat melihat kota Tasikmalaya dari ketinggian serta kota-kota lainnya seperti kota Purwakarta dan Ciamis. Yang perlu diperhatikan ketika mendaki gunung Bongkok adalah, bila anda memutuskan mendaki di musim penghujan, maka track yang dilalui akan licin sehingga perlu kewaspadaan dan kehati-hatian extra agar tidak tergelincir.  

4. Tidak ada yang bisa menyangkal keindahan Gunung Tampomas yang penuh dengan misteri ( 1.684 mdpl )

Gunung di Jawa Barat untuk pendakian selanjutnya adalah gunung Tampomas.  Secara administratif gunung Tampomas terletak di kabupaten Sumedang Jawa Barat. Gunung Tampomas memiliki ketinggian 1684 mdpl. Untuk mencapai puncak dari gunung Tampomas pendaki bisa melewati setidaknya 2 jalur pendakian. Adapun 2 jakur pendakian gunung Tampomas adalah :
  • Jalur pendakian gunung Tampomas via Cibereum
  • Jalur pendakian gunung tampomas via Narimbang
gunung di Jawa Barat untuk pendakian
sumber : instagram banguzi
Bila anda menginginkan perjalanan dengan jalur yang lebih panjang anda bisa melakukan pendakian melalui jalur Narimbang. Jalur pendakian melalui Narimbang memang akan lebih panjang dibandingkan melakukan pendakian via jalur Cibereum. Namun medan yang dilewati akan lebih landai. Pada dasarnya kedua jalur tersebut akan bertemu pada satu titik yang sama yakni di suatu pertigaan sebelum puncak. Kawasan gunung Tampomas masih sangat asri dan termasuk dalam area Wisata Alam Gunung Tampomas yang dipenuhi oleh beberapa pohon-pohon besar. Beberapa tumbuhan seperti jamuju, rasamala dan saninten dapat kita temui di sepanjang jalur pendakian. Jika kita beruntung di sepanjang jalur pendakian kita juga dapat melihat beberapa fauna liar, seperti  Trenggiling dan monyet. 

Kawasan puncak gunung Tampomas merupakan area terbuka yang cukup luas terutama untuk mendirikan tenda. Namun yang perlu diperhatikan jika mendirikan tenda di puncak gunung Tampomas adalah angin yang berhembus sangat kencang. Di puncak gunung Tampomas terdapat beberapa batu besar. Selain itu di sebelah utara puncak gunung Tampomas terdapat beberapa petilasan berupa makam. Makam-makam tersebut dipercaya sebagai peninggalan kerajaan Padjajaran dan disakralkan oleh masyarakat sekitarnya. 


5. Napak tilas perjuangan kemerdekaan RI dengan mendaki Gunung Cakrabuana ( 1.720 mdpl )

Gunung Cakrabuana mungkin tidak sepopuler gunung-gunung lainnya di Jawa Barat. Gunung Cakrabuana terletak di 5 perbatasan kabupaten sekaligus, yakni kabupaten Garut, Sumedang, Tasikmalaya, Majalengka dan kabupeten Ciamis. Gunung ini memiliki ketinggian 1.720 meter diatas permukaan air laut dan merupakan gunung yang menjadi saksi bisu perang kemerdekaan Republik Indonesia. Di area gunung Cakrabuana terdapat jalur yang dijadikan jalur Long March divisi Siliwangi menuju ke arah Yogyakarta. Adapun untuk dapat mencapai puncak dari gunung Cakrabuana kita dapat melalui beberapa jalur pendakian. Jalur pendakian untuk dapat sampai ke bagian puncak gunung diantaranya :

  • Jalur Bunar Kecamatan Pageurageung Tasikmalaya
  • Jalur Sukanyiru Kecamatan Wado
  • Jalur Cakrawati Lemah Putih, Kecamatan Lemahsugih
Untuk menuju ke puncak gunung maka para pendaaki harus melewati kawasan hutan tropis dengan berbagai tanaman. Salah satu tanaman yang dapat tumbuh subur di kawasan ini adalah tanaman rotan. 

6. Mendaki Gunung Rakutak miniaturnya gunung Raung ( 1.922 mdpl)

gunung di Jawa Barat untuk pendakian
sumber : instagram ekaapriastuti
Gunung Rakutak terletak di kabupaten Bandung Propinsi Jawa Barat. Gunung Rakutak memiliki ketinggian 1.922 meter di atas permukaan laut. Meskipun hanya memiliki ketinggian 1.922 namun medan di jalur pendakian di gunung Rakutak tergolong curam sehingga bagi kamu yang berencana mendaki gunung Rakutak, sebaiknya melakukan persiapan fisik yang cukup

Di awal Jalur pendakian menuju ke puncak, kita akan melewati area persawahan yang sangat luas, selanjutnya masuk ke dalam kawasan hutan perdu dengan vegetasi yang cukup rapat. Di kawasan gunung Rakutak kita masih dapat menemukan beberapa penjual makanan yang menjajakan dagangannya. Selain itu di gunung Rakutak terdapat sebuah danau kecil yang patut kita singgahi. Danau kecil tersebut sering dinamakan oleh para pendaki sebagai  "ranukumbolo mini". Di kawasan gunung ini juga terdapat beberapa area yang digunakan sebagai berlatih TNI Angkatan Darat. Di gunung Rakutak terdapat sebuah bukit yang sekilas mirip dengan gunung Raung. Tanjakan dengan track yang cukup berat diantara jurang akan memberikan sensais tersendiri ketika melewat track ini. 

7. Gunung Burangrang sepi pendaki namun menyimpan panorama yang eksotis ( 2.064 mdpl )

Salah satu gunung di Jawa Barat yang mungkin belum terexpose adalah gunung Burangrang. Gunung Burangrang terletak di kota Bandung dan berbatasan dengan kabupaten Purwakarta dan Subang. Gunung  Burangrang memiliki ketinggian 2.064 mdpl dan merupakan gunung yang cocok bagi anda pendaki pemula sebagai tempat latihan atau pemanasan untuk mendaki gunung yang lebih tinggi dengan medan yang jauh lebih sulit.


gunung di Jawa Barat untuk pendakian
sumber : dunia-si-ana.blogspot.co.id

Untuk dapat mencapai puncak dari gunung Burangrang maka kita dapat melalui 3 jalur pendakian. Ketiga jalur pendakian tersebut memiliki medan yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Ketiga jalur pendakian tersebut adalah :

  • Jalur Legok haji
  • Jalur Pos komando
  • Jalur Pangheotan

Untuk dapat mencapai puncak gunung Burangrang setidaknya kita memerlukan waktu sekitar 3 jam perjalanan. Jika di Dieng kita dapat melihat pemandangan kota wonosobo melalui gunung Prau maka di Jawa Barat kita dapat melihat kota Bandung dari puncak gunung Burangrang.

8. Gunung Galunggung siap menyapamu dengan kawahnya yang eksotis ( 2.167 mdpl )

Gunung Galunggung secara administratif masuk di kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. Gunung api ini memiliki ketinggian 2.167 meter diatas permukaan air laut. Gunung Galunggung merupakan gunung yang ramah untuk pendaki pemula sekalipun, hal itu dikarenakan track untuk dapat mencapai puncaknya tidaklah se-extreme track gunung-gunung yang lainnya di kawasan Jawa Barat.   

gunung di Jawa Barat untuk pendakian


Untuk dapat mencapai puncak gunung Galunggung maka kita harus berjalan kurang lebih 1,5-2 jam terhitung dari pintu masuk. Di awal perjalanan kita akan melewati tanjakan berupa anak tangga yang terbuat dari mistar dilanjutkan dengan track berupa jalanan berpasir. Kawasan di gunung Galunggung sangatlah indah dan asri dengan banyaknya pepohonan besar yang dapat kita jumpai disekitar jalur pendakiannya. Keunikan lain dari gunung Galunggung adalah di bagian puncaknya. Bagian puncak gunung Galunggung terdapat sebuah kawah dengan genangan air di dasarnya. Tidak seperti air di kawah-kawah di gunung api lainnya di Indonesia, air di kawah yang berada di  gunung Galunggung tidak berbau belerang. Di kawasan puncak juga terdapat mata air yang dapat dimanfaatkan oleh pendaki. Selain itu para pendaki dapat menuju dasar danau yang terdapat di dalam kawah gunung Galunggung dengan menyusuri bagian dari tepi tebing yang ada.

9. Gunung salak (2.180 mdpl )

Gunung Salak terletak di perbatasan kabupaten Sukabumi dan kabupaten Bogor. Gunung Salak berasal dari bahasa sansekerta “salaka” yang berarti perak. Gunung salak menjadi sangat terkenal dan dianggap angker karena beberapa kejadian kecelakaan pesawat yang melintas di area ini. Bagi kamu yang ingin mendaki gunung Salak, gunung ini memiliki beberapa jalur pendakian yang dapat kamu pilih. Jalur pendakian gunung salak diantaranya adalah :

  • Jalur Pasir Reungit
  • Jalur Cidahu (Sukabumi)
  • Jalur Giri Jaya (Curug Pilung)
  • Jalur Kutajaya/Cimelati
    Dari ketiga jalur tersebut jalur Cidahu adalah jalur yang sering dilalui oleh para pendaki. Kita akan melewati kawasan hutan tropis yang rimbun dengan jalanan berupa tanah liat. Di gunung Salak terdapat beberapa kawah, yakni kawah ratu yang terdiri dari 3 kawah kecil.  Kawah-kawah tersebut bernama : Kawah Ratu ( paling besar ), Kawah Paeh ( kawah mati ), Kawah Hurip ( kawah hidup ). Kawah-kawah tersebut beberapa masih aktif mengeluarkan gas sehingga bila kita berada di dekatnya sebaiknya menggunakan alat pelindung diri seperti masker untuk menghindari agar tidak menghirup gas yang dikeluarkan kawah tersebut. 

    Gunung salak memiliki 2 puncak. Puncak pertama memiliki ketinggian 2.211 Mdpl dan puncak yang kediua memiliki ketinggian  2.180 Mdpl, salah satu puncaknya terdapat beberapa makam seperti makam Raden K.H. Moh. Hasan Bin Raden K.H. Bahyudin Braja Kusumah dan makam Raden Tubagus Yusup Maulana Bin Seh Sarip Hidayatullah. Puncak gunung Salak merupakan area yang cukup luas dengan banyak ditumbuhi pohon-pohon besar dan merupakan area yang dapat dijadikan sebagai tempat mendirikan tenda.


    10. Gunung Puntang siap menjadi destinasi akhir pekanmu (2.223 mdpl )

    Gunung pendakian di Jawa Barat selanjutnya adalah gunung Puntang. Gunung Puntang yang memiliki ketinggian 2.223 mdpl ini merupakan gunung yang ramah terutama untuk pendaki pemula. Kawasan Puntang terkenal dengan bumi perkemahannya yang seringkali dijadikan tempat untuk beberapa event kegiatan perkemahan tahunan. Selain dapat dijadikan sebagai tempat untuk kegiatan berkemah, gunung Puntang layak kamu jadikan agenda pendakian terutama di akhir pekan.

    gunung di Jawa Barat untuk pendakian
    sumber : instagram nasrullah_ansori
     
    Untuk dapat mencapai puncak gunung Puntang maka kita dapat memilih 2 jalur yang tersedia di gunung ini.  Jalur pertama merupakan jalur yang pendek tapi memiliki medan yang cukup menanjak dan jalur yang kedua adalah jalur dengan track yang panjang namun medan yang dilalui cukup landai. Untuk dapat mencapai puncak gunung Puntang ( puncak mega ) setidaknya kita harus menempuh perjalanan kurang lebih 4 jam perjalanan.



    11. Gunung Guntur dengan puncak yang gersang layak kamu singgahi (2.249 mdpl )

    Gunung Guntur merupakan salah satu gunung yang populer terutama di kalangan para pendaki yang berasal dari Propinsi Jawa Barat. Gunung Guntur memiliki ketinggian 2.249 meter diatas permukaan air laut dan tercatat setidaknya mengalami 22 x erupsi sejak tahun 1690, sedangkan erupsi terakhir adalah pada tahun 1847. Sebelum gunung Merapi di Jawa Tengah yang menyandang julukan sebagai gunung paling aktif, gunung Gunturlah yang lebih dahulu mendapat predikat gunung yang paling aktif terutama pada tahun 1.800-an hal itu dikarenakan gunung ini sering mengalami aktifitas erupsi dengan mengeluarkan berbagai macam material vulkanic.


    gunung di Jawa Barat untuk pendakian
    sumber : instagram icha_zulbidin

    Jalur pendakian Gunung Guntur memiliki karakteristik yang unik jika dibandingkan dengan jalur pendakian gunung-gunung lainnya, tanah berkerikil dan minim vegetasi merupakan pemandangan yang akan sering kita lihat dalam perjalanan mencapai puncaknya. Meskipun memiliki kerapatan vegetasi yang jauh lebih sedikit jika dibanding gunung-gunung lainnya di Jawa Barat, namun kita tetap dapat melihat beberapa fauna yang seringkali masih berkeliaran di sepanjang jalur pendakian. Babi hutan merupakan hewan yang banyak ditemukan di gunung ini selain beberapa spesies burung yang hidup secara liar.

    Perjalanan menuju ke puncak gunung Guntur dengan medan berkerikil sebelum mencapai puncaknya mengingatkan kita di kawasan pasar Bubrah di gunung merapi Jawa Tengah. Di puncak gunung Guntur terdapat sebuah kaldera yang cukup besar dan terihat menganga yang merupakan bekas dari letusan tempo dulu. Kawasan puncak gunung Guntur sangat gersang dan akan sangat menyengat jika melakukan pendakian pada siang hari. Di puncak gunung Guntur kita dapat melihat beberapa gunung di sekitarnya seperti gunung Cikuray.
      

    12. Gunung Patuha 2.386 mdpl

    Gunung di Jawa Baratuntuk pendakian selanjutnya adalah gunung Patuha. Gunung Patuha secara administratif terletak di Bandung selatan, provinsi Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian 2.386 meter diatas permukaan air laut. Yang menarik dari gunung Patuha adalah, gunung ini memiliki kawah yang sangat indah ditambah lagi dengan pemandangan di sekitar kawah yang masih hijau seakan memanjakan mata kita dan menjadi alasan kita untuk berlama-lama di tempat ini. 

    13. Gunung Papandayan gunung terindah di Jawa Barat siap memanjakanmu dengan pemandangan edelweis ( 2.622 mdpl )

    Tidak lengkap rasanya kalo tidak memasukkan gunung Papandayan ke dalam daftar gunung di Jawa barat yang patut anda kunjungi. Gunung Papandayan memiliki ketinggian 2.622 meter diatas permukaan air laut dan secara administratif terletak di Kabupaten Garut Jawa Barat. Gunung Papandayan akan sangat ramai dikunjungi baik oleh pendaki dari Jawa Barat maupun pendaki yang berasal dari propinsi lainnya terutama di akhir pekan dan musim kemarau. Keunikan gunung Papandayan selain memiliki hutan mati dan padang bunga edelweis gunung ini juga memiliki berberapa kawah yang sampai saat ini masih mengeluarkan asap.

    gunung di Jawa Barat untuk pendakian
    sumber : instagram marianenza 

    Untuk dapat mencapai puncak gunung Papandayan setidaknya pendaki harus melewati 2 pos ( termasuk pondok salada ). Di jalur pendakian gunung Papandayan terdapat sumber mata air yang bisa dimanfaatkan oleh para pendaki. Beberapa mata air dapat kita temukan di beberapa pos yakni di pos pundak kawah, pos persimpangan pondok salada dan pondok salada.

    Kawasan yang paling menarik di gunung Papandayan adalah hutan mati dan puncak gunung Papandayan. Hutan ini memiliki area yang sangat luas yang terdapat beberapa pepohonan yang sudah mati meninggalkan batang yang berdiri tegak namun lapuk karena cuaca dan air hujan yang mengikisnya. Di gunung Papandayan juga terdapat kawah belerang yang masih mengeluarkan asap. Asap yang keluar dari kawah Papandayan berasal dari aktifitas vulkanik dari perut bumi, asap tersebut hampir mirip dengan kawah yang terdapat di puncak gunung sindoro Jawa Tengah.

    Mengunjungi gunung Papandayan Jawa Barat tidak lengkap jika kita tidak mampir ke Tegal alun. Mengapa demikian? Karena di Tegal alun terdapat banyak bunga edelweis yang tumbuh serta membentang luas. Beruntunglah anda jika dapat berkunjung di gunung Papandayan pada waktu bunga edelweis sedang beremekaran, konon tempat ini merupakan salah satu tempat di Indonesia dengan pemandangan edelweis terbaik selain di gunung Gede Pangrango.

    14. Tidak ada yang bisa menyangkal keindahan Gunung Cikuray ( 2.821 mdpl )

    Gunung di Jawa Barat untuk pendakian selanjutnya adalah gunung Cikuray. Gunung Cikuray cukup populer terutama di kalangan pendaki di propinsi Jawa Barat. Secara administratif gunung Cikuray terletak di Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut, Jawa BaraBarat. Gunung Cikuray merupakan gunung yang sudah tidak aktif lagi dan memilili ketinggian  2.821 meter di atas permukaan laut. Untuk dapat mencapai puncak gunung Cikuray kita dapat melalui setidaknya 3 jalur pendakian. Beberapa jalur pendakian gunung cikuray adalah :
    • Jalur pendakian via pemacar
    • Jalur pendakian via Bayangbong
    • Jalur pendakian via Cikajang
    Bagi yang menginginkan jalur yang mudah didaki, para pendaki bisa memilih jalur pendakian gunung Cikuray via Cikajang, namun bila pendaki menginginkan jalur yang lebih ektreme lagi bisa melakukan pendakian via Bayangbong. Jalur pendakian Cikuray via Bayangbong terkenal dengan tracknya yang curam namun pendek. 

    gunung di Jawa Barat untuk pendakian
    sumber : instagram d_ramdhanie
    Gunung cikuray memiliki sumber air pada jalur pendakian via Cikajang dan dapat anda manfaatkan untuk mengisi perbekalan. Sumber mata air tersebut terletak di perbatasan hutan dengan perkebunan milik warga sekitar. Gunung Cikuray memiliki iklim tropis basah, sehingga udara malam hari sangatlah dingin. Di area gunung terdapat beberapa hutan, diantaranya adalah hutan Dipterokarp bukit, hutan dipterokarp atas, hutan Montane dan hutan Ericaceous. Di kawasan ini juga masih dapat kita jumpai beberapa satwa liar seperti babi hutan dan monyet.  Di puncak gunung cikuray terdapat sebuah bangunan yang bisa digunakan para pendaki sebagai tempat berteduh. Jika sudah mencapai puncak maka kita dapat melihat beberapa puncak gunung yang berada di kawasan sekitarnya. Kita dapat melihat gunung Guntur, gunung Papandayan dan pegunungan Telaga Bodas. Kota garut juga akan dapat kita lihat dengan kelap-kelip lampunya jika kita melakukan pendakian pada malam hari.  
     

    15. Gunung Gede Pangarango dengan Mandalawanginya menjadi tempat pendakian paling romantis ( 3.019 mdpl )

    Siapa yang tidak kenal dengan Gunung Gede Pangarango, salah satu gunung di Jawa Barat yang masuk ke dalam daftar tempat dimana dapat melihat bunga edelwei dengan pemandangan terbaik. Terletak di berbatasan 5 kabupaten sekaligius membuat  gunung gede merupakan gunung Favorit para pendaki yang berasal dari Jawa Barat. Gunung ini terletak di perbatasan kabupaten Bogor, kabupaten Cianjur dan kabupaten Sukabumi. Untuk dapat mencapai puncak Gunung Gede Pangarango yang memiliki ketinggian 3.019 mdpl ini kita dapat melalui 3 jalur pendakian. Beberapa jalur pendakian yang bisa kita lewati diantaranya :
    • Jalur Pendakian Cibodas
    • Jalur Pendakian Gunung Putri
    • Jalur Pendakian Salabintana
    Gunung Gede Pangrango adalah sebuah pegunungan yang mempunyai 2 puncak tertinggi, yaitu puncak gunung Gede (2958 mdpl) dan puncak gunung Pangrango (3019 mdpl). Gunung ini adalah gunung dengan pengunjung terbanyak di Indonesia, oleh karena itu perijinan mendaki gunung ini sangat ketat.

     
    gunung di Jawa Barat untuk pendakian
    sumber : instagram funfamilytrip_ind

    Hal yang membuat gunung Gede Pangarango padat pendaki tidak lain karena letak gunung ini yang cukup strategis di perbatasan kabupaten yang padat akan penduduknya. Puncak gunung Gede Pangarango sangat terkenal karena terdapat sebuah tanah lapang yang cukup luas dan sering disebut alun alun mandalawangi. Di sinilah terdapat tanaman bunga edelweis yang banyak dan menjadikan tempat ini sebagai salah satu tempat untuk melihat edelweis terbaik di Indonesia. Edelweis di Gunung Gede Pangarango adalah edelweis yang paling bersih di antara gunung gunung lainya. Selain memiliki tempat yang terbaik untuk dapat melihat edelweis, di gunung Gede Pangarango terdapat tempat yang tidak kalah menarik untuk kita kunjungi, tempat tersebut adalah kawah dengan sebuah sabana bernama alun-alun Surya Kencana. Banyak pendaki yang mendirikan tenda di Surya Kencana karena pemandanganya yang indah serta terdapat sumber air di tempat ini. Untuk dapat mencapai puncak gunung Gede Pangarango maka kita membutuhkan sekitar 8 jam pendakian terhitung dari Taman Nasionalnya.  

       

    16. Gunung Ciremai ( 3.078 mdpl )


    sumber : instagram apaandji

    Gunung di Jawa Barat untuk pendakian yang terakhir adalah gunung Ciremai. Gunung Ciremai merupakan gunung yang berbentuk kerucut dan merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Terletak di perbatasan 2 kabupaten sekaligus yakni Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Gunung Ciremai merupakan salah satu gunung yang cukup populer terutama bagi kalangan pendaki di wilayah Jawa Barat dan sekitarnya. Gunung Ciremai memiliki ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut dan memiliki setidaknya 2 kawah ganda pada bagian puncaknya. Untuk dapat sampai puncak gunung ini para pendaki dapat melalui setidaknya 3 jalur pendakian. Ketiga jalur pandakain tersebut ialah :
    • Jalur pendakian via Linggarjati
    • Jalur pendakian via Palutungan
    • Jalur pendakian via Apuy
    Jalur pendakian via Linggarjati merupakan jalur favorit para pendaki. Untuk mencapai puncak maka pendaki harus menempuh perjalanan kurang lebih 12 jam perjalanan. Perjalanan yang cukup jauh dan sangat melelahkan akan terbayar lunas jika kita sudah sampai di puncak gunung Ciremai. Kita dapat melihat megahnya kawah hasil letusan gunung beberapa ratus tahun yang lalu dan dapat melihat pemandangan beberapa gunung lainnya di propinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah.

    Itulah tadi 16 gunung di Jawa Barat yang dapat kamu jadikan referensi sebagai tempat pendakianmu. Tentunya kami tidak dapat menyebutkan semua gunung yang ada di propinsi ini. Sebelum melakukan pendakian, pastikan barang-barang yang harus kamu bawa saat melakukan pendakian tidak ada yang tertinggal baik itu makanan maupun peralatan lainnya. Jagalah kelestarian alam dengan tidak merusak alam dan tidak membuang sampah sembarangan. Semoga artikel mengenai 16 daftar gunung di Jawa Barat untuk pendakian ini bermanfaat. salam.


    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "16 daftar gunung di Jawa Barat untuk pendakian lengkap dengan jalur dan ketinggiannya"

    Post a Comment