8 gunung di Indonesia dengan pemandangan edelweis terindah

Bunga edelweis atau sering disebut juga sebagai bunga keabadian merupakan salah satu tumbuhan yang hidup pada daerah yang memiliki ketinggian diatas 2.000 MDPL. Bunga ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki gunung, bahkan banyak pula pendaki nakal membawanya pulang untuk diberikan kepada orang-orang yang dekat dengannya.



Saat ini, masih banyak pendaki yang memiliki pemahaman bahwa bunga edelweis melambangkan cinta yang abadi. Hal ini menyebabkan bunga edelweis banyak diambil bahkan di beberapa gunung-gunung di Indonesia, populasi tanaman ini semakin berkurang. Kita mengenal bunga edelweis yang memiliki nama latin Anaphalis Javanica sebagai bunga yang cantik berwarna putih kekuningan dan menghiasi beberapa puncak gunung. Memang beberapa gunung di Indonesia memiliki area yang banyak ditumbuhi bunga edelweis dan hal tersebut menjadikan alasan tersendiri bagi para pendaki untuk menyambangi serta untuk dapat menikmati keindahannya. Untuk dapat melihat bunga edelweis yang sedang bermekaran maka kita harus memilih waktu yang tepat. Waktu yang tepat untuk dapat melihat bunga edelweis yang sedang bermekaran adalah pada bulan April sampai dengan september dimana saat itu curah hujan rendah ditambah lagi dengan intensitas sinar matahari yang tinggi, sehingga selain mendapatkan gambar yang indah kita mendapat cukup cahaya untuk bisa mengabadikan keindahan bunga edelweis dengan kamera yang kita bawa. Berikut ini 8 gunung di Indonesia dengan pemandangan edelweis terindah versi ruang pendaki.


1. Lembah Mandalawangi gunung Gede Pangrango 2.985 MDPL Jawa Barat


Gunung di Indonesia yang pertama yang memiliki pemandangan bunga edelweis terindah adalah gunung Gede Pangrango lebih tepatnya di lembah Mandalawangi. Mandalawangi sendiri merupakan sebuah area bersejarah bagi salah satu putra terbaik Indonesia dan seorang pemuda yang menjadi inspirasi banyak orang, tiada lain ialah Soe Hok Gie. Dalam beberapa tulisannya Gie, panggilan akrab Soe Hok Gie mengungkapkan kekagumannya tentang Lembah Mandalawangi. Kekaguman Gie terhadap Lembah Mandalawangi dituangkan dalam buku catatannya dan ditulis dalam bentuk puisi. Begitu indahnya Lembah Mandalawangi dengan hamparan bunga edelweis yang sedang bermekaran membuat setiap orang yang kesana akan berdecak kagum, dan menjadikan tempat ini salah satu tempat di Indonesia dengan pemandangan edelweis terindah.

2. Gunung Papandayan  2.622 MDPL Jawa Barat  


Gunung Papandayan selain memiliki keunikan hutan mati serta kawah yang masih mengeluarkan asap juga memiliki padang bunga edelweis yang siap membuat para pendaki berdecak kagum dibuatnya. Bunga Edelweis di gunung Papandayan banyak tumbuh di area Tegal Alun. Tegal Alun berada di puncak Gunung Papandayan dan memiliki luas sekitar 32 hektar. Untuk bisa sampai ke Tegal Alun maka kita harus melewati kawasan kawah Papandayan terlebih dahulu dilanjutkan ke Pondok Saladah. Pengunjung harus berhati-hati dan diharuskan menggunakan masker untuk menutupi hidung serta mulut, pasalnya di area sekitar kawah masih mengeluarkan gas beracun yang bisa saja mendatangkan malapetaka bagi diri kita. Kawasan Tegal Alun konon menjadi kawasan dengan tanaman bunga Edelweis terluas di Asia Tenggara. Kita patut berbangga diri karena di salah satu bagian di Bumi Pertiwi ini memiliki kekayaan alam yang menarik tidak hanya bagi pelancong dari dalam negeri saja tetapi juga pelancong yang berasal dari luar negeri.


3. Gunung Rinjani 3.726 MDPL Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat


Tiada yang bisa menyangkal keindahan gunung  Rinjani yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani memiliki keistimewaan dengan adanya danau segara anak yang terlihat memantulkan beberapa warna ketika kita melihatnya dari atas ketinggian. Keindahan yang ditawarkan gunung Rinjani tidak sebatas dengan adanya Danau Segara Anak saja, melainkan dengan banyaknya bunga edelweis yang tumbuh di sepanjang jalur pendakian. Padang edelweis akan mudah kita temukan terlebih jika kita mendaki di atas ketinggian 2.700 MDPL. Kawasan pegunungan Rinjani memang terkenal dengan hutannya yang masih sangat alami dan beberapa satwa liar masih dapat ditemukan disana. Seringkali bunga edelweis di gunung Rinjani diambil oleh beberapa pendaki yang tidak bertanggung jawab menyebabkan di beberapa area mengalami penurunan populasi bunga edelweis.

4. Gunung Sindoro 3.126 MDPL Jawa Tengah

sumber : aditairwaves.blog

Beralih ke Jawa Tengah. Nah salah satu gunung di Indonesia dengan pemandangan edelweis terindah berada di Gunung Sindoro yang letaknya bersebelahan dengan Gunung Sumbing. Di Gunung Sindoro terdapat sebuah padang edelweis yang cukup luas. Padang Edelweis tersebut apabila kita melakukan pendakian Gunung Sindoro via Kledung terletak setelah watu tatah. Perlu kurang lebih 6-8 jam perjalanan untuk bisa mencapai padang edelweis ini. Meskipun tidak seluas padang edelweis di gunung Gede Pangrango atau di wilayah Tegal Alun gunung Papandayan, padang edelweis di gunung Sindoro tidak kalah menarik untuk kita sambangi. Pilihlah waktu pendakian yang tepat untuk bisa melihat edelweis yang sedang bermekaran, berpadu dengan cahaya matahari yang akan menambah keindahannya mekar diantara rumput dan ilalang.  


5. Gunung Merbabu 3.145 MDPL jalur pendakian via Suwanting 


Masih dari Propinsi Jawa Tengah. Gunung yang satu ini selain gunung yang cukup ramah untuk pendaki pemula karena treknya cukup mudah juga memiliki pemandangan bunga edelweis yang tidak kalah menarik. Bunga Edelweis di gunung Merbabu banyak tumbuh di sabana 2 jalur pendakian via Selo atau jalur pendakian Via Wekas. Disana terdapat hamparan padang rumbut dengan bunga edelweis yang bisa kita jumpai ketika musim penghujan berakhir. Biasanya para pendaki memilih mendirikan tenda di tempat ini selain karena tempatnya yang luas, aman serta cukup ideal. Para pendaki juga tidak ingin melewatkan keindahan bunga edelweis yang terlihat bermekaran berpadu dengan indahnya golden sunrise. Selain itu edelweis di gunung Merbabu juga bisa kita jumpai di sabana jalur pendakian Merbabu via Suwanting. Memang jalur pendakian merbabu via Suwanting memiliki trek yang lebih panjang dibandingkan dengan jalur lainnya, namun pemandangan edelweis yang ditawarkan di jalur ini lebih indah dibandingkan dengan jalur lainnya. Dengan melewati punggungan pegunungan di sisi utara puncak merbabu, pendaki akan dibuat betah berlama-lama di tempat ini.


6. Gunung Lawu 3.265 MDPL Jawa Timur 



Gunung Lawu berada di perbatasan kedua Propinsi, Propinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur atau lebih tepatnya berada di perbatasan dua Kabupaten yakni Kabupaten Karanganyar dan Kabupeten Magetan. Mungkin karena letaknya yang strategis membuat gunung ini banyak didaki oleh para pendaki dari berbagai propinsi, selain itu akses untuk menuju ke lokasi basecamp juga sangat mudah dicapai. Gunung Lawu selain mempunyai hutan yang masih alami ditambah lagi pemandangan lerengnya yang nampak memanjang ke sisi selatan, juga memiliki daya tarik tersendiri bagi para pendaki. Bunga edelweis yang tumbuh dan mekar setelah sumur drajad ke arah puncak Hargo Dumilah akan sayang untuk kita lewatkan ketika kita mendaki gunung Lawu. Selain tumbuh di jalur pendakian melalui cemoro Sewu, bunga edelweis juga dapat kita jumpai melalui jalur cemoro kandang. Jadi tidak ada salahnya rekan-rekan semua mendaki gunung Lawu, untuk bisa melihat pesona bunga edelweis.


7. Kalimati Gunung Semeru 3.676 MDPL


Ada banyak alasan bagi orang yang suka mendaki gunung rela jauh-jauh menyambangi gunung Semeru. Beberapa orang memiliki tujuan yang sama yakni bisa mencapai puncak tertinggi di pulau Jawa di puncak Mahameru, namun beberapa orang juga memiliki alasan lain yakni menikmati perjalanan sambil melihat pemandangan yang disuguhkan gunung yang menjadi lokasi syuting film 5 cm itu. Memiliki ketinggian lebih dari 3.000 meter diatas permukaan air laut, membuat gunung Semeru menjadi lokasi yang baik sebagai tempat hidupnya bunga edelweis. Bunga edelweis di gunung Semeru banyak tumbuh di Kalimati, tempat terakhir yang boleh disambangi oleh pendaki. Melihat bunga edelweis yang tumbuh subur di area yang seringkali dilanda hujan abu vulkanik dapat rekan-rekan rasakan apabila sampai di area kalimati gunung Semeru.

8. Alun-alun Suryakencana Taman Nasional Gede Panrango

sumber : marischkaprudence.blog

Suryakencana bak sebuah taman edelweis raksasa yang memiliki ketinggian 2.750 diatas permukaan air laut. Kami menyebutnya sebagai taman edelweis karena alun-alun surya kencana sendiri memiliki luas kurang lebih 50 hectare. Selain memiliki edelweis yang sangat luas, di alun-alun suryakencana juga beredar mitos mengenai beberapa kisah mistis seperti cerita pendaki yang mendengar suara kereta kuda namun tidak melihat wujudnya dan beberapa cerita misteri lainnya. Di Alun-alun Suryakencana juga terdapat petilasan berupa batu besar yang terdapat di bagian tengahnya. Masyarakat menyebut petilasan tersebut dengan julukan batu Dongdang.

Kita wajib bersyukur dilahirkan dan tinggal di Indonesia. Negara dengan beribu pulau, dengan ratusan gunung serta pegunungan yang dapat kita jumpai dari Sabang sampai Merauke. Bunga Edelweis sebagai salah satu tanaman yang hanya tumbuh di puncak-puncak gunung adalah tumbuhan yang wajib kita jaga kelestariannya. Jangan sampai mitos tentang Edelweis sebagai bunga abadi, hanya menjadi isapan jempol belaka yang diperdengarkan kepada anak cucu kita dikemudian hari. Semoga dengan artikel mengenai 8 gunung di Indonesia dengan pemandangan edelweis terindah ini membuka kesadaran bagi kita untuk menjaga dan melestarikan salah satu bunga cantik yang bernama edelweis.  














Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 gunung di Indonesia dengan pemandangan edelweis terindah"

Post a Comment