cara mudah membuat gelang survival dari prusik ( paracord )


Apakah kamu tertarik membeli gelang yang terbuat dari paracord / gelang prusik yang sering di jual di toko perlengkapan outdoor?. Sekarang untuk memilikinya kamu tidak perlu membeli, kamu bisa membuatnya sendiri dengan kreatifitasmu dan tentunya dengan beberapa tips dari ruang pendaki. 

cara membuat gelang survival dari prusik paracord

Sebelumnya apa sih tali paracord atau orang menyebutnya dengan prusik itu ? paracord ( tali parasut ) adalah sebuah tali yang terbuat dari bahan nilon yang ringan. Awal penggunaan tali ini adalah pada masa perang dunia ke II. Pada saat pertama digunakan, tali ini sebagai property parasut para tentara pada saat perang, oleh karenanya tali paracord juga sering disebut tali parasut. Namun berkat keunggulan tali ini yakni ringan, kuat dan mudah dalam penggunaannya, tali ini akhirnya digunakan untuk keperluan yang lebih luas lagi, baik itu untuk keperluan militer maupun keperluan warga sipil.




Kegunaan tali ini merambah dalam berbagai bidang diantaranya dalam bidang medis. Kita sering menggunakannya sebagai torniquete / tali pengikat tangan saat mengambil darah, perlengkapan memancing, bahan untuk membuat jaring perangkap ikan, dan masih banyak kegunaan lainnya dari tali paracord. Nah kita yang mempunyai jiwa petualang, kita juga dapat membuat sebuah kreatifitas yakni membuat gelang dari bahan paracord Untuk membuat gelang dari bahan paracord atau tali prusik sebenarnya tidak terlalu rumit. Saat ini. banyak sekali model gelang yang dapat kita buat dari tali jenis ini, namun untuk tutorial awal kita akan mencoba membuat gelang dari tali paracord dengan model yang sederhana. 


Sebelum kita membuat gelang dari tali paracord atau tali prusik, ada beberapa bahan yang harus kita sediakan sebelumnya. Bahan-bahan tersebut diantaranya adalah : sebuah tali paracord dengan ukuran kurang lebih 2,5 meter dan mempunyai diameter  1/8 inchi. Buckle atau pengait yang berfungsi untuk mengunci gelang kita pada tangan setelah gelang tersebut jadi, gunting, korek api, sebuah penggaris dan yang tidak kalah penting sebuah tempat bisa berupa papan atau kotak yang berguna untuk mengaitkan tali agar pada saat kamu merajut tali tersebut, tali tersebut tidak mudah lepas. Setelah barang barang tersebut sudah terkumpul atau sudah tesedia maka kita mulai dengan langkah pertama.



Langkah yang pertama adalah memotong paracord. untuk kebutuhan, biasanya setiap 30 cm paracord akan menjadi 1 inchi gelang, namun hal itu juga tergantung dari model gelang yang akan kita buat. Semakin kompleks suatu gelang maka kebutuhan paracord akan semakin banyak. Potonglah tali prusik sepanjang 2,5 m, kemudian satukan ujung potongan tadi untuk mendapatkan titik tengahnya. 


Langkah kedua, setelah mendapatkan titik tengah dari tali paracord maka kita masukkan titik tengah pada lubang buckle yang telah kita sediakan. Setelah itu barulah kita sesuaikan dengan lingkar tangan kita. Sebaiknya anda memberikan ukuran yang lebih panjang ketika menyesuaikan dengan tangan kita, hal itu diharapkan dapat memberikan ruang gerak pada tangan kita, sehingga gelang tidak terlalu sempit ketika digunakan dan memberikan kenyamanan pada diri kita. Setelah mendapatkan panjang yang sesuai maka kita ikatkan buckle pada papan atau kotak penjepit agar memudahkan kita dalam merajut tali tersebut.




Langkah yang ketiga adalah mulai merajut. Pertahankan posisi dari panjang tali yang telah kita ukur, selanjutnya merajut dengan membuat simpul seperti angka delapan ( perhatikan gambar ). Tariklah ujung tali dengan kuat sehingga gelang tidak akan longgar, mulailah merajut dengan tali yang mengarah ke bagian bawah. 






Ulangi langkah-langkah diatas, pastikan anda membuat simpul dengan benar, dan tariklah kedua tali dengan kuat, sehingga simpul yang anda buat benar-benar kencang dan gelang tidak kendor ketika dipakai



Langkah keempat. Setelah hampir selesai, maka langkah terakhir adalah merapikan pada simpul terakhir dan memotong simpul tersebut lalu selanjutnya membakarnya.Tujuannya adalah memfiksasi bagian ujung simpul tersebut agar tidak mudah lepas. Setelah itu anda dapat memasangkan kedua ujung buckle. Dan gelangpun siap untuk digunakan.


Tips lainnya
Tali prusik sebagai bahan baku pembuat gelang paracord memang mudah kita dapatkan, kita dapat membelinya dalam satuan meter di toko perlengkapan outdoor sekitar kita. Yang menjadi kendala selama ini adalah. Kita akan kesulitan dalam memperoleh buckle sebagai pemfiksasi atau pengunci gelang yang sudah kita buat, buckle tersebut dapat anda beli di toko accessories pembuatan kalung / gelang serta toko perlengkapan pembuatan pernak-pernik lainnya. Alternatifnya adalah, kita membuat kreasi pengunci dengan tanpa menggunakan buckle. Kita dapat memotong  benang dengan ukuran lebih panjang di bagian ujungnya, agar dapat dijadikan sebagai tali pengunci.

cara membuat gelang survival dari prusik paracord

Anda juga dapat berkreasi dengan paracord, dan dapat menciptakan pola tersendiri untuk membuat gelang yang sesuai dengan keinginan anda. Untuk tutorial lainnya akan kita bahas di kesempatan berikutnya. Semoga artikel mengenai cara mudah membuat gelang survival dari prusik ( paracord ) ini bermanfaat. 

0 Response to "cara mudah membuat gelang survival dari prusik ( paracord )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel